!Please wait..>
Posted by : Unknown Rabu, 27 November 2013

Bola dan Gelas

Batas Waktu1 detik
Batas Memori32 MB
SumberOSN 2008
Menuju acara 17-an, Pak Dengklek mempersiapkan permainan untuk perlombaan di desanya. Permainan tersebut adalah permainan yang klasik dan kini Pak Dengklek ingin mengujinya kepada Anda. Terdapat N (1 ≤ N ≤ 100.000) buah gelas yang diletakkan terbalik lalu dijejerkan di atas meja dan diberi nomor berbeda-beda antara 1 sampai N. Di dalam salah satu gelas terbalik tersebut diletakkan sebuah bola. Lalu dua buah gelas dipilih secara acak dan ditukar posisi dan nomornya. Pemilihan dan pertukaran tersebut dilakukan sebanyak M (1 ≤ M ≤ 100.000) kali. Setelah itu, semua gelas dibuka dan bola pastilah ditemukan di bawah salah satu gelas, misalnya gelas X.
Pak Dengklek ingin agar Anda menebak di gelas nomor berapakah bola tersebut berada pada awalnya. Tidak hanya sekali, Pak Dengklek ingin Anda menebak Q (1 ≤ Q ≤ 100.000) kali untuk beberapa kemungkinan X.

Format Masukan

Baris pertama berisi dua buah bilangan bulat N dan M. M baris berikutnya masing-masing berisi dua angka X1 dan X2, yang berarti gelas bernomor X1 ditukar nomor dan posisinya dengan gelas bernomor X2 (1 ≤ X1, X2 ≤ N). Baris berikutnya berisi bilangan Q, yang merupakan jumlah pertanyaan untuk kasus bersangkutan. Q baris berikutnya masing-masing berisi sebuah bilangan yang merupakan nomor gelas X (1 ≤ X ≤ N) tempat bola berada setelah permainan berakhir.

Format Keluaran

Q buah baris, masing-masing berisi jawaban untuk tiap pertanyaan yang diberikan di masukan.

Contoh Masukan

5 6
1 3
4 2
5 2
4 5
3 2
4 1
3
2
3
4

Contoh Keluaran

1
5
3

Penyelesaian


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Hot Post!!

Pengikut

- Copyright © Zis Here ! -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -